Kamis, 13 Februari 2014

Touring Tiga Provinsi (Part 1)

Assalamu’alaikum wr.wb semua.. :D

Setelah sekian lama jarang posting, kali ini aku mau cerita tentang short touring 17-18 Januari 2014 ke Sarangan-Tawangmangu-Candi Sukuh-Candi Cetho bersama 2 teman aku, Agung dan Roman.  Kelima tempat itu hanya berjarak 297 km PP menurut odometer motor tua ane.

Sebenarnya touring ini sudah direncanakan sejak selesai UTS dan terlaksana ketika libur semester ganjil. Waktu yang cukup lama untuk merencanakan jalan jalan yang hanya diikuti 3 orang. Tapi karena ngrancangnya juga 0,5 niat, tetep aja engga terencana dengan sempurna, hehehe. Tapi namanya juga anak muda, ya tetep berangkat… :D


Berangkat kesana kami menggunakan dua motor. Motor pertama HSX 125 yang ditunggagi Agung dan Roman. Motor kedua, motor lansiran tahun 91 milik ane, Astrea Prima. Meskipun ini motor sudah cukup tua, tapi masih sangat oke untuk jarak jauh.. Tapi rupanya ini motor sedikit ogah diajak jalan-jalan. Beberapa hari sebelum berangkat motor ane minta jajan, kampas rem belakang udah teriak teriak minta ganti -_- . Tapi setelah di cek, rupanya masih tahan sampai beberapa tahun kedepan :p .

Jum’at, 17 Januari 2014
Tepat jam 07.30 pagi, kami sudah berada di check point satu dan satunya, di pom bensin dekat bandara Adisucipto Jogja.  Tanpa buang waktu, kami langsung memacu motor mengarah ke Solo, karena masih pagi, jalan cukup sepi, sehingga kami bisa memacu motor dengan kecepatan konstan 80-90 km/h. Perjalan Jogja-Solo terbilang cukup lancar. Satu jam kemudian, kami sudah sampai Solo. Kami memutuskan untuk mampir ke pom bensin untuk yang terakhir kalinya.

Perjalana menuju tawangmangu dilanjutkan hanya dengan mengandalkan papan penunjuk jalan yang kadang tidak jelas. Tapi kami berpedoman, selama masih punya mulut untuk tanya, tenaga untuk berjalan, dan uang untuk beli bensin, kenapa mesti takut??  Beberapa kali kami sempat berhenti untuk menanyakan arah. Alhamdulillah, kami tiba di Tawangmangu dengan selamat. Jalanan menuju ke Tawangmangu cukup baik, meskipun ada beberapa lubang khas jalanan Indonesia, namun itu masih bisa dimaklumi. Oiya, bagi penikmat cornering, jalur ini juga lumayan untuk dinikmati. Banyak sekali tikungan sempurna 180⁰, tapi harus ekstra waspada, karena medan pegunungan yang penuh tebing dan jurang menyebabkan blindspot nya cukup luas. Hal ini diperparah ketika ada bis dari arah berlawanan.


Setibanya di Tawangmangu, kami langsung berkoordinasi tentang tujuan pertama dan masjid untuk sholat jumat.  Ketika itu karena matahari masih condong ke timur (lupa jam berapa), kami memutuskan untuk langsung menjangkau tempat terjauh dan sholat Jum’at disana (Sarangan). Yup terjauh, telaga Sarangan terletak di kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jadi, kami telah melakukan perjalan sejauh TIGA provinsi...,, ya meskipun jaraknya g bisa dibilang jauh sih.. hahaha :v

BERSAMBUNG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar